Senin, 09 Januari 2017

Persamaan, PerbedaanCuaca dan iklim

Sebagian orang yang tidak mengerti perbedaan cuaca dan iklim akan bertanya-tanya, apa sih bedanya cuaca dan iklim? Kita tentu sering melihat hujan, mendung, panas terik matahari dan lain sebagainya, sedangkan dibelahan bumi lain terjadi hujan salju. Hujan salju hampir tidak akan pernah terjadi di Indonesia, mengapa demikian? Karena hujan salju hanya dapat terjadi pada iklim dingin atau subtrobis, sedangkan iklim di Indonesia adalah tropis yang suhunya hangat dan panas sepanjang tahun.
Lain halnya dengan negara-negara ditimur tengah, kenapa disana begitu kering? Nah, semua itu bisa dijelaskan dengan iklim. Setiap daerah mempunyai iklimnya sendiri. Iklim dan cuaca hampir tidak bisa dipisahkan. Lalu apa perbedaan cuaca dan iklim. Nah langsung saja kita ulas perbedaan cuaca dan iklim pada ulasan dibawah ini.

Perbedaan Cuaca dan Iklim

Perbedaan Cuaca dan Iklim

1. Cuaca
Cuaca adalah suatu gejala alam yang dapat terjadi dan berubah dalam waktu yang singkat,
yang kita rasakan dari menit ke menit, jam ke jam. Cuaca terjadi karena suhu dan kelembaban yang berbeda antara suatu tempat dengan tempat lainnya. Contohnya adalah mendung, hujan, panas terik dan sebagainya. Cuaca dapat berubah dalam waktu singkat, misalnya setelah mendung kemudian berubah menjadi panas terik.
2. Iklim

Iklim adalah rata-rata peristiwa cuaca di suatu daerah tertentu yang lebih luas, termasuk perubahan musiman dan variasinya dalam jangka waktu yang relatif lama. Unsur iklim bersifat stabil dan iklim di bumi kita sangat dipengaruhi oleh posisi matahari terhadap bumi, ketinggian suatu daerah dan letak daerah. Contoh : suhu dingin di dataran tinggi dieng, salju yang turun di musim dingin di Inggris.

Cuaca dan Iklim Mempunyai Sebuah Kesamaan


Itulah perbedaan cuaca dan iklim, namun selain itu keduanya mempunyai kesamaan. kesamaan tersebut adalah keduanya mempunyai unsur-unsur suhu udara, radiasi, tekanan udara, kelembaban udara, angin, curah hujan, intensitas penyinaran matahari, keadaan awan, embun, dan petir. Semoga pengertian perbedaan cuaca dan iklim diatas menolong kita dalam memahami perbedaan keduanya. Jika anda ingin tahu cara mengetahui arah mata angin berikut ulasan menentukan Arah Mata Angin, .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar